ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN
A. Struktur
biaya Bandar udara
Jenis-jenis Biaya (Norman
Ashford & Paul H. Wright, 1979: 12-13)
A. Pengeluaran
untuk Operasi
1) Biaya Pemeliharaan
Besarnya tidak bergantung pada volume lalu-lintas untuk kawasan pendaratan (landas pacu,landas hubung, landas parkir, pencahayaan, dll)
Besarnya tidak bergantung pada volume lalu-lintas untuk kawasan pendaratan (landas pacu,landas hubung, landas parkir, pencahayaan, dll)
2) Biaya Operasi
Besarnya bergantung pada volume lalu-lintas
Besarnya bergantung pada volume lalu-lintas
3) Pengeluaran
Bukan untuk Operasi
Pengeluaran jenis ini, mencakup biaya yang tidak dapat dibatalkan (unescapable) yang mencakup pembayaran bunga pinjaman dan biaya penyusutan asset tetap seperti landas pacu, landas hubung, landas parkir, bangunan, dan infra-struktur lainnya
Pengeluaran jenis ini, mencakup biaya yang tidak dapat dibatalkan (unescapable) yang mencakup pembayaran bunga pinjaman dan biaya penyusutan asset tetap seperti landas pacu, landas hubung, landas parkir, bangunan, dan infra-struktur lainnya
2. Komposisi Biaya
a.Biaya
staf (42 %) mencakup petugas penanganan penumpang
dan bagasi, penanganan kargo, jasa boga, pelayanan toko bebas pajak (duty
free), dan fasilitas penjualan lain
b.Biaya
modal (22 %) mencakup pembayaran bunga dan biaya penyusutan
c.Biaya operasi lainnya (11 %)
d.Biaya administrasi (4 %)
e.Biaya pemeliharaan dan perbaikan (9 %)
f.
Layanan
yang dibeli dari luar (12 %) seperti air bersih, tenaga listrik, dll.
3.Biaya Rata-Rata
Pengoperasian bandar udara juga mengikuti skala ekonomis (economies of scale), tetapi tidak seperti industri-industri lain yang mengikuti skala tidak ekonomis (diseconomies of scale) setelah satuan produk terus ditingkatkan
Bandar udara akan tetap pada biaya rata-rata minimum yang telah dicapai meskipun bandar udara sudah dikembangkan menjadi demikian besar .
Pengoperasian bandar udara juga mengikuti skala ekonomis (economies of scale), tetapi tidak seperti industri-industri lain yang mengikuti skala tidak ekonomis (diseconomies of scale) setelah satuan produk terus ditingkatkan
Bandar udara akan tetap pada biaya rata-rata minimum yang telah dicapai meskipun bandar udara sudah dikembangkan menjadi demikian besar .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar