Kamis, 08 Desember 2011


ANALISIS BIAYA DAN PENDAPATAN
      A.   Struktur biaya Bandar udara
Jenis-jenis Biaya  (Norman Ashford & Paul H. Wright, 1979: 12-13)
A.  Pengeluaran untuk Operasi
          1)  Biaya Pemeliharaan
          Besarnya tidak bergantung pada volume lalu-lintas untuk kawasan pendaratan (landas pacu,landas  hubung, landas parkir, pencahayaan, dll)
          2)  Biaya Operasi 
                Besarnya bergantung pada volume lalu-lintas
          3)  Pengeluaran Bukan untuk Operasi 
                Pengeluaran jenis ini, mencakup biaya yang tidak dapat dibatalkan (unescapable) yang mencakup pembayaran bunga pinjaman dan biaya penyusutan asset tetap seperti landas pacu, landas hubung, landas parkir, bangunan, dan infra-struktur lainnya
     2. Komposisi Biaya
        a.Biaya staf (42 %) mencakup petugas penanganan  penumpang dan bagasi, penanganan kargo, jasa boga, pelayanan toko bebas pajak (duty free), dan fasilitas penjualan lain
        b.Biaya modal (22 %) mencakup pembayaran bunga dan biaya penyusutan
        c.Biaya operasi lainnya (11 %)
        d.Biaya administrasi (4 %)
        e.Biaya pemeliharaan dan perbaikan (9 %)
f.        Layanan yang dibeli dari luar (12 %) seperti air bersih, tenaga listrik, dll.
3.Biaya Rata-Rata 
Pengoperasian bandar udara juga mengikuti skala ekonomis (economies of scale), tetapi tidak seperti industri-industri lain yang mengikuti skala tidak ekonomis (diseconomies of scale) setelah satuan produk terus ditingkatkan
Bandar udara akan tetap pada biaya rata-rata minimum yang telah dicapai meskipun bandar udara sudah dikembangkan menjadi demikian besar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar